• SD ISLAM AL-MISBAH TASIKMALAYA
  • Membangun Santri Shaleh yang Berprestasi, Beriman, Berilmu dan Mandiri
  • sdi.almisbah@gmail.com
  • 0265 5302257 / HP: 085223091533
  • RSS
  • Pencarian

SEJARAH SINGKAT DAN KEUNGGULAN: II. Profil SD Islam Al Misbah Tasikmalaya

1. SEJARAH SINGKAT

Sekolah Dasar Islam Al-Misbah Tasikmalaya merupakan refleksi dari komitmen Yayasan Al-Misbah Al-Mukhtariyah terhadap salah satu misinya, yakni ikut serta menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas melalui penyelenggaraan pendidikan pada jalur sekolah sejak pendidikan pra sekolah, serta pendidikan jalur luar sekolah seperti pondok pesantren, majelis ta’lim dan kursus-kursus (Anggaran Dasar Pasal 3). Sejak Yayasan ini didirikan pada 11 Juli 1970 dengan Akta Notaris Suharmani, No. 11 yang diperbarui dengan akta Notaris Heri Hendriyana, SH., MH. Nomor : 171 Tahun 2014, dan perkembangan ini menunjukkan kemajuan yang positif. Hal ini terlihat dari indikator respon masyarakat dan jumlah pelamar calon peserta didik baru.

Berangkat dari potensi tersebut, Pengurus Yayasan menyiapkan proposal pendirian mengenai desain Sekolah Dasar Islam yang akan didirikan, terutama menyangkut tujuan, visi, misi, target, strategi, dan model pembelajaran serta manajemennya. Setelah melewati serangkaian pembahasan proposal bersama Pengurus Yayasan yang di dilaksanakan pada tanggal 31 Desember 2011, yang akhirnya isi perencanaan dan program ini disetujui pihak Yayasan.

Setelah tahap persiapan dianggap mencukupi terutama yang berkaitan dengan penyediaan/pembuatan perangkat keras dan lunak, maka Yayasan mengusulkan permohonan pendirian Sekolah Dasar Islam.

 

2. BENTUK LOGO

Adapun bentuk logo Sekolah Dasar Islam Al-Misbah :

logo sekolah

Makna Logo dan Simbol SD Islam Al-Misbah:

a. Warna merah : warna yang sangat kuat melambangkan keinginan yang kuat dari pendiri untuk memajukan pendidikan di Tasikmalaya, warna merah juga berarti berani, berati bertindak, beraji dan maju berani mengatakan yang benar adalah benar dan yang salah adalah salah.

b. Garis ; menutup seluruh komponen simbol yang artinya seluruh warga SD Islam Al-Misbah memiliki pagar/aturan untuk seluruh warga SD Islam Al-Misbah, baik tertulis maupun tidak tertulis.

c. Sudut lima ; merupakan perlambang atau simbol dari Rukun Islam yang lima yang berati SD Islam Al-Misbah tunduk, patuh dan membentengi diri dengan rukun-rukun tersebut dalam tingkah laku sehari-hari.

d. Lilin yang menyala : melambangkan sebagai kekuatan dalam memajukan SD Islam Al-Misbah dan cita-cita sebagai penerang untuk masa depan.

e. Buku dan Pena Emas ; menggambarkan Dunia Pendidikan yang sangat mulia, dan merupakan sumber ilmu, serta sifat SD Islam Al-Misbah adalah cinta ilmu, belajar terus-menerus, kreatif dan inovatif.

f. Sinar : merupakan tujuan keinginan SD Islam Al-Misbah bahwa harus sejajar, berprestasi dengan sekolah pendahulunya, dan harus selalu menjadi yang terdepan.

g. Tulisan “SD Islam Al-Misbah Tasikmalaya” adalah identitas bahwa Sekolah Dasar Islam yang berada di kota Tasikmalaya.

 

Kesimpulan: Melahirkan generasi yang siap menyongsong masa depan cerah baik duniawi maupun ukhrawi.

 

3. TUJUAN SEKOLAH

Mengasilkan lulusan yang menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan umum, pengetahuan agama dan teknologi (basic knowledge of science and technology) yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan yang kuat, sehingga dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi yang berkualitas baik, serta mampu mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar dengan perilaku akhlaq karimah.

Strategi Sekolah

  • Menjaring peserta didik dari lulusan TK/RA Negeri/Swasta melalui seleksi nilai raport melalui tes baca, tulis dan psikotes.
  • Menciptakan iklim belajar yang menyenangkan, sehat, kreatif, inovatif, kompetitif dan menyenangkan guna mendorong peserta didik meraih prestasi.
  • Mengembangkan proses belajar dengan prinsip belajar tuntas dan sesuai kompetensi.
  • Menyiapkan tenaga pendidik yang profesional dan penuh dedikasi.
  • Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.
  • Mengadakan kerjasama pendidikan dengan berbagai pihak terkait.
  • Menyediakan perpustakaan yang memadai.
  • Melakukan studi banding ke sekolah lain yang berprestasi.

Lingkungan dan Budaya Sekolah

SD Islam Al-Misbah dirancang sebagai sekolah model yang memiliki keunggulan dalam prestasi akademik yang berkualitas dan seimbang antara IPTAK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dan IMTAK (Iman dan Taqwa) yang dapat digapai oleh semua lapisan masyarakat serta menggunakan kurikulum yang relevan. Untuk mewujudkan keunggulan ini, sistem dirancang sedemikian rupa agar kondusif, harmonis dengan lingkungan sekolah dan membudaya.

Sistem yang dirancang merupakan kekhasan SD Islam Al-Misbah disamping mengadopsi dari beberapa model yang sudah ada. Sebagai sekolah model yang akan mengembangkan keunggulan tersebut, seiring dengan waktu dan perubahan yang terjadi di masyarakat, maka SD Islam Al-Misbah terus menambah content (isi), merubah context (realitas) dan terus mengembangkan capacity (kapasitas) sesuai dengan kebutuhan yang terutama dalam sisi agama.

 

4. CIRI KHAS KEUNGGULAN

SD Islam Al-Misbah dirancang menjadi model sekolah yang membina peserta didik yang berkualitas keshalihan dan unggul dalam prestasi akademik serta menguasai teknik pengoperasian dasar Komputer. Untuk mewujudkan keunggulan ini, kurikulum dan lingkungan belajar dirancang sedemikian rupa agar kondusif.

 

5. VISI

“TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG BERAKHLAK KARIMAH, BERWAWASAN KEILMUAN YANG TINGGI DAN BERPRESTASI“

 

6. MISI

  1. Melaksanakan pembentukan peserta didik yang shaleh dan shalihah
  2. Melaksanakan pengembangan kurikulum
  3. Melaksanakan proses pembelajaran tuntas
  4. Mengeluarkan lulusan yang diterima di sekolah-sekolah favorit
  5. Melaksanakan pengembangan fasilitas pendidikan
  6. Memiliki tenaga pendidik yang berkualifikasi dan profesional
  7. Melaksanakan mutu kelembagaan dan manajemen yang sesuai dengan SNP (Standar Nasional Pendidikan)
  8. Melaksanakan Standarisasi Penilaian
  9. Melaksanakan pembiayaan yang sesuai dengan SNP

 

7. TATA NILAI

Tata nilai sebagai norma prilaku SD Islam Al-Misbah adalah :

  1. Belajar dan mengajar merupakan amal shalih
  2. Bekerja berdasarkan prinsip profesional
  3. Melakukan perbaikan mutu secara continue
  4. Menumbuhkan sikap kreatif, inovatif, kompetitif dan menyenangkan

 

8. TARGET

  1. Mulai tahun lulus pertama, peserta didik dapat fasih baca Al-Qur’an, tahfidz juz 30, mahir kalighrafi dan menguasai teknik dasar mengoperasikan komputer.
  2. Lulusan SD Islam Al-Misbah dapat diterima pada sekolah lanjutan.
  3. Terwujudnya kehidupan peserta didik yang religius di lingkungan sekolah yang ditandai dengan perilaku shalih, adab, ikhlas, ukhuwah, kreatif, dan mandiri.

 

9. STRATEGI

  1. Menjaring calon peserta didik dari lulusan RA/TK sederajat melalui seleksi nilai raport dan tes masuk yang meliputi Baca Tulis Al-Qur’an dan Psyco Test (wawancara);
  2. Menciptakan iklim belajar yang senang, sehat, kreatif, inovatif, dan konpetitif guna mendorong peserta didik meraih prestasi.
  3. Mengembangkan proses pembelajaran dengan prinsip Mastery Learning (belajar tuntas);
  4. Menyiapkan tenaga pendidik yang profesional dan penuh dedikasi;
  5. Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai;
  6. Mengadakan kerjasama pendidikan dengan berbagai pihak terkait;
  7. Melakukan studi banding ke sekolah lain yang berprestasi;

 

10. KURIKULUM

Sekolah Dasar Islam Al-Misbah menggunakan kurikulum tahun 2013, serta struktur program kurikulum yang diperkaya dengan muatan materi pembelajaran sesuai visi dan misi sekolah.

 

11. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

  1. Kapasitas peserta didik per kelas maksimal 30 orang
  2. Lama waktu per jam pelajaran sebanyak 35 menit
  3. Jam pelajaran efektif per hari maksimal pukul 07.20 s.d 13.00 WIB.
  4. Jumlah hari efektif belajar perminggu sebanyak 6 hari
  5. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan belajar adalah pendekatan peserta didik aktif (student active learning).

 

12. TENAGA KEPENDIDIKAN

       Sejak tahun ajaran pertama dilakukan rekrutmen guru dan tenaga kependidikan lainnya dengan ketentuan :

  1. Berpendidikan S.1
  2. Memiliki akta mengajar
  3. Keahlian relevan dengan tuntutan mata pelajaran
    • Guru tetap yayasan sebanyak 5 orang

 

13. EKSTRAKURIKULER

  1. Pendidikan kepemimpinan melalui OSIS, Imam shalat, dan latihan berpidato.
  2. Kepramukaan
  3. Kemasyarakatan (bakti sosial, peduli lingkungan dan pengajian)

 

14. KEGIATAN KEAGAMAAN

Sekolah Dasar Islam Al-Misbah adalah merupakan lembaga pendidikan formal yang berusaha menghidupkan ruh dan nuansa pesantren dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan yang bersifat umum yang meliputi pelaksanaan shalat dhuha dan berjamaah dzuhur di mesjid, menghidupkan shalat nawafil (sunnah), membaca yasin di hari jum’at, mengucapkan salam bila bertemu dengan orang lain dan berbudaya akhlak karimah, sehingga  tercipta  suasana  kehidupan  yang  Islami di lingkungan sekolah yang diperlihatkan dengan prilaku ikhlas, tawadhu, ukhuwah, mandiri dan kreatif.

Disamping itu, ada pula kegiatan keagamaan untuk meningkatkan pemahaman dan pengalaman ajaran agama melalui kegiatan tausyiah/mentoring, bimbingan praktek ibadah, training pendalaman agama, mabit dan lain-lain di lingkungan pesantren Al-Misbah.

 

15. SARANA PENDIDIKAN

  • Sarana Dan Prasarana Yang Dimiliki Sekolah

Ruang

Jumlah

Mesjid

1

Kelas

6

Perpustakaan

1

Kantor Sekolah

1

Lapangan Olah raga

1

WC

2

Tempat Wudhu

2

 

  • Luas Tanah

Status Pemilikan

Luas tanah seluruhnya

Penggunaan

Bangu-

nan

Lapangan

olah raga

Kebun

Milik Yayasan

7000 m2

500 m 2

90 m2

218 m2

-

-

-

-

 

16. PEMBIAYAAN

Pada awalnya sumber biaya untuk operasional pendidikan berasal dari Yayasan Al-Misbah Al-Mukhtariyah.

  • Rincian Biaya untuk Pemenuhan Kebutuhan sarana pembelajaran dan program pembelajaran

No

(1)

Jenis Kebutuhan

(2)

Jumlah

(3)

Biaya(Rp)

(4)

1

Komputer : @ Rp. 3.900.000,00

Processor : intel dual core 2.66 GHz

Mainboard : Asus P5 RD1-VM

VGA : on board

Sound : on board

Hardisk : seagate 80Gb

Memory : Twinmos 256

Optical Drive : CDRW Teac 32x16x8x

Case : Power up

Monitor : Advance

Flopy : Panasonic

2

7.800.000,00

2

LCD Proyektor

1

10.000,000,00

3

Printer

2

1.500.000,00

5

Lemari Perpustakaan kelas

1 buah

1.000.000,00

6

Lemari Arsip dan administrasi

1 buah

800.000,00

7

Meja Kursi Belajar

24 set

13.200.000,00

8

Buku perpustakaan Kelas

100 judul

5.000.000,00

9

Meja kursi siche/sofa

1 set

1.500.000,00

10

Tiang bendera

1 buah

400.000,00

11

Papan nama/Plank

1 buah

600.000,00

12

Papan Data Guru

1 buah

250.000,00

13

Papan Data Peserta didik

6 buah

250.000,00

14

Papan Mading

1 buah

250.000,00

15

Spanduk

4 buah

800.000,00

16

ATK

1 paket

500.000,00

17

Pengecatan/Perbaikan ruangan kelas

1 paket

3.000.000,00

18

Honor Guru Selama Satu Tahun

4 orang

20.400.000,00

19

Honor Staf TU Selama Satu Tahun

2 orang

4.800.000,00

20

Seragam Guru

3 orang

450.000,00

21

Seragam Peserta didik

27 orang

1.620.000,00

Total biaya

98.620.000,00*

 

Terbilang : * Sembilan puluh delapan juta enam ratus dua puluh ribu rupiah

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SEJARAH SINGKAT DAN KEUNGGULAN: I. Pendahuluan

Agama merupakan landasan moral, etik dan spiritual yang kuat untuk pembangunan bangsa. Namun dewasa ini sangat dibutuhkan kehadiran lembaga pendidikan yang bersifat formal dan religius

07/05/2020 05:09 - Oleh Administrator - Dilihat 709 kali